Minggu, 02 November 2014

TUGAS 4 PEMUDA DAN SOSIALISASI



Pengertian sosialisasi

Sosialisasi adalah proses yang membantu individu atau kelompok agar dapat mengetahui peran mereka didalam masyarakat, bagaimana mereka bertindak dan berfungsi baik sebagai individu maupun kelompok.
Berikut adalah pengertian sosialisasi dari beberapa para ahli.
1. Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup, dan berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya.
2. Peter Berger
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
3. Paul B. Horton
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
4. Soerjono Soekanto
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.

ada beberapa hal yang harus kita ketahui dalam sosialisasi yaitu proses sosialisai, media sosisalisasi dan tujuan sosialisasi.
a.       Proses sosialisasi
Proses sosialisasi sangat dibutuhkan, yang membuat seseorang tahu bagaimana dia harus bertindak dan mengambil bagian didalam suatu masyarakat agar tidak terjadi suatu kesalahan dalam mejalankan suatu kegiatan di dalam masyarakat.
b.      Media sosialisasi
• Orang tua dan keluarga
• Sekolah
• Masyarakat
• Teman bermain
• Media Massa.
c.       Tujuan sosialisasi
d.      • Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
• Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengenbangkankan kemampuannya.
• Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
• Bertingkah laku secara selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan pada masyarakat umum.


Peranan sosial mahasiswa dan pemuda di masyarakat
Peranan mahasiswa dan pemuda di masyarakat sangatlah penting terutama didalam bidang sosial. Mereka selalu berinovasi dan meningkatkan bagaimana cara agar dapat memajukan negri ini. Salah satunya didalam kegiatan-kegiatan sosial, ada beberapa dari mahasiswa dan pemuda mengadakan penggalangan dana sosial untuk anak yatim dsb. Peranan mahasiswa dan pemuda sangatlah penting, diharapkan mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa kelak.

Peringatan hari raya anak yatim 10 muharram 1436 H.
Tanggal 1 november kemarin bertepatan dengan hari raya anak yatim 10 muharram 1436 H. Di kampung kali jambe desa lambang sari rt03/03 kecamatan tambun selatan bekasi memperingati hari ini dengan acara syukuran bersama-sama dan juga pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Acara ini juga mengundang beberapa orang penting seperti ketua rt, kepala desa dan anggota-anggota masyarakat. Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 warga yang antusian mengikuti acara ini. Ketua acara ini juga menghadirkan pemain hadroh dan juga penceramah. Peringatan hari raya anak yatim ini juga memberikan bantuan secara simbolis diatas panggung, banyak sekali warga lambang sari ang bangga dengan adanya acara ini. acara ditutup dengan doa dan makan bersama. Saya juga turut membantu dalam pelaksanaan acara ini, saya sangat bangga karena untuk pertama kalinya acara ini diadakan di kampung saya dan saya bersyukur karena acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan sama sekali. Berikut adalah foto-foto dari acara tersebut.



SUMBER : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar