Sabtu, 21 November 2015

LAPORAN INTERPRETATIF

Laporan interpretatif adalah laporan lanjutan atas suatu kejadian yang mengandung pemikiran, penafsiran dan pandangan. Di sini wartawan mengulas suatu berita yang baru terjadi ataupun yang sudah lama terjadi dengan memberikan interpretasi, spekulasi, dan pendapat. Laporan interpretatif merupakan suatu bentuk laporan yang lebih bebas. Umumnya kualifikasi wartawan yang dipercaya untuk mengerjakannya adalah wartawan senior. Wartawan yang dimaksud adalah wartawan yang sangat menguasai masalah seputar topik yang diangkat dan dapat melakukannya dengan baik, jujur, dan objektif. Dia juga berani mengutarakan penafsiran, pendapat, dan pemikirannya karena ia memang berada pada posisi mengetahui fakta yang berkaitan dengan peristiwa yang dilaporkan.

Contoh:
 KOMPAS.com - diet lemak populer lagi. Dengan konsumsi minyak kelapa dan daging meningkat, orang mulai mengonsumsi lagi apa yang dulu dianggap jahat. Tapi, seberapa sehatnyakah perpindahan dari butter ke daging sapi? Ternyata, hampir segala sesuatu yang kita tahu tentang lemak selama ini, tidak benar.

Interpretasi :
Lemak lebih lambat dicerna daripada karbohidrat dan merangsang pelepasan hormon kenyang, yang dapat menjaga Anda dari makan berlebihan.
Bahkan, dalam sebuah penelitian, peserta diet moderat lemak, berat badannya turun 1,9 kg selama 18 bulan. Sedangkan kelompok rendah lemak, naik sebanyak 1,4 kg. Terlebih lagi, lemak memainkan peran positif dalam tubuh, dari produksi hormon ke fungsi otak yang optimal, bahkan membantu penyerapan gizi.

Refrensi:
Willing, S. (2010). Laporan Interpretatif. In Jurnalistik; Petunjuk Teknis Menulis Berita (p. 105). Jakarta: Erlangga.
http://health.kompas.com/read/2015/11/17/105300723/6.Mitos.dan.Fakta.tentang.Lemak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar