dalam penulisan kabar atau berita haruslah berupa fakta dengan kata lain tidak dibuat-buat hanya untuk mencari popularitas, dapat menjawab pertanyaan 5W+1H, penulisan harus lebih spesifik fokus terhadap tema dari berita yang ingin disampaikan sehingga pembahasan tidak kemana-mana, kabar atau berita dapat dibuktikan secara nyata dan dapat dipertanggung jawabkan oleh penulisnya.
2. Penulisan
pesan-pesan persuasive
Persuasif : suatu usaha untuk mengubah sikap, kepercayaan atau
tindakan audience untuk mencapai suatu tujuan
Sebagai pesan-pesan rutin, pesan-pesan persuasif dimulai dengan
melakukan:
1. Analisi audience
2. Pertimbangan perbedaan budaya
3. Memilih pendekatan organisasional
3. Korespondensi (
surat-menyurat )
Korespondensi
adalah kegiatan penyampaian pesan berupa surat antara pihak-pihak yang terkait
di dalamnya baik itu mengatasnamakan instansi atau perseorangan.
A. Ciri -
ciri surat:
1. Berupa tulisan
2. Terdapat isi pesan yang
menjadi pokok pembahasan
3. Gaya bahasa sesuai dengan
jenis surat
4. Terdapat informasi mengenai
pihak yang terkait
B. Fungsi
Surat:
1. Sebagai
penyampai pesan
2. Sebagai
wakil pengirim
3. Sebagai
pedoman atau petunjuk suatu hal
4. Sebagai
bukti tertulis
5. Sebagai
alat pengingat
6. Sebagai
dokumen penting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar