Senin, 06 Juni 2016

BAB 13 : Komunikasi dalam Tulisan

1. Penulisan kabar atau berita

dalam penulisan kabar atau berita haruslah berupa fakta dengan kata lain tidak dibuat-buat hanya untuk mencari popularitas, dapat menjawab pertanyaan 5W+1H, penulisan harus lebih spesifik fokus terhadap tema dari berita yang ingin disampaikan sehingga pembahasan tidak kemana-mana, kabar atau berita dapat dibuktikan secara nyata dan dapat dipertanggung jawabkan oleh penulisnya.

2. Penulisan pesan-pesan persuasive
 
Persuasif : suatu usaha untuk mengubah sikap, kepercayaan atau tindakan audience untuk mencapai suatu tujuan
Sebagai pesan-pesan rutin, pesan-pesan persuasif dimulai dengan melakukan:
1. Analisi audience
2. Pertimbangan perbedaan budaya
3. Memilih pendekatan organisasional
3. Korespondensi ( surat-menyurat )
 
Korespondensi adalah kegiatan penyampaian pesan berupa surat antara pihak-pihak yang terkait di dalamnya baik itu mengatasnamakan instansi atau perseorangan.
A. Ciri - ciri surat:
                1. Berupa tulisan
                2. Terdapat isi pesan yang menjadi pokok pembahasan
                3. Gaya bahasa sesuai dengan jenis surat
                4. Terdapat informasi mengenai pihak yang terkait
B. Fungsi Surat:
1. Sebagai penyampai pesan
2. Sebagai wakil pengirim
3. Sebagai pedoman atau petunjuk suatu hal
4. Sebagai bukti tertulis
5. Sebagai alat pengingat
6. Sebagai dokumen penting
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar