Senin, 06 Juni 2016

BAB 8 : Perencanaan Laporan Bisnis

1. Pengertian dan jenis laporan bisnis

Laporan bisnis adalah suatu laporan yang bersifat netral, memiliki tujuan yang jelas serta menyajikan fakta kepada seorang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan bisnis tertentu. Laporan  bisnis  ialah  setiap  dokumen  faktual  yang  menyatakan  tujuan perusahaan merupakan sarana manajerial  untuk menginformasikan atau memberikan kontribusi  pada pengambilan keputusan harus bersifat akurat, lengkap dan obyektif Laporan bisnis juga dapat diartika sebagai  suatu laporan yang memiliki  sifat netral  , tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas dan rencana penyajian fakta kepada seseorang atau untuk kepentingan bisnis tertentu.

2. Bagian pokok dalam laporan bisnis
Sebuah laporan bisnis pada umumnya memiliki beberapa bagian, yaitu:
    1. Pendahuluan
    2. Isi
    3. Penutup
3. Pengorganisasian isi dalam laporan bisnis

Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menyusun isi laporan bisnis yaitu cara deduksi (langsung) dan cara induksi (tak langsung).
Cara Deduksi
Menyampaikan ide pokok dan rekomendasi terlebih dahulu,setelah itu baru dijelaskan hal – hal yang rinci  Cara induksi
Menjelaskan fakta – fakta yang ada terlebih dahulu,kemudian memberikan ide pokok, kesimpulan dan rekomendasi.
4. Penulisan laporan singkat

Penulisan Laporan Singkat
Terdiri atas 1-2 halaman
Lebih menekankan pada Body atau tubuh laporan.
Elemen Penting, seperti gaya penulisan, grafik penekanan penulisan, judul, dan sub judul, fomat memo atau surat.

5. Membuat laporan bisnis yang baik
Untuk membuat laporan bisnis yang baik perlu diprhatikan hal-hal seperti berikut ini:
1.Akurat
2. Keputusan yang baik
3. Format, gaya dan organisasi yang responsif
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar