Laporan bisnis adalah suatu laporan yang bersifat netral, memiliki tujuan yang jelas serta menyajikan fakta kepada seorang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan bisnis tertentu. Laporan bisnis ialah setiap dokumen faktual yang menyatakan tujuan perusahaan
merupakan sarana manajerial untuk menginformasikan atau memberikan
kontribusi pada pengambilan keputusan harus bersifat akurat, lengkap
dan obyektif Laporan
bisnis juga dapat diartika sebagai suatu laporan yang
memiliki sifat netral , tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas dan
rencana penyajian fakta kepada seseorang atau untuk kepentingan bisnis
tertentu.
2. Bagian pokok dalam laporan bisnis
1. Pendahuluan
2. Isi
3. Penutup
3. Pengorganisasian isi dalam laporan
bisnis
Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menyusun isi laporan bisnis yaitu cara deduksi (langsung) dan cara induksi (tak langsung).
Cara Deduksi
Menyampaikan ide pokok dan rekomendasi terlebih dahulu,setelah itu baru dijelaskan hal – hal yang rinci Cara induksi
Menjelaskan fakta – fakta yang ada terlebih dahulu,kemudian memberikan ide pokok, kesimpulan dan rekomendasi.
Menjelaskan fakta – fakta yang ada terlebih dahulu,kemudian memberikan ide pokok, kesimpulan dan rekomendasi.
4. Penulisan laporan singkat
Penulisan Laporan Singkat
Terdiri atas 1-2 halaman
Lebih menekankan pada Body atau tubuh laporan.
Elemen Penting, seperti gaya penulisan, grafik penekanan penulisan, judul, dan sub judul, fomat memo atau surat.
Terdiri atas 1-2 halaman
Lebih menekankan pada Body atau tubuh laporan.
Elemen Penting, seperti gaya penulisan, grafik penekanan penulisan, judul, dan sub judul, fomat memo atau surat.
5. Membuat laporan bisnis yang baik
Untuk
membuat laporan bisnis yang baik perlu diprhatikan hal-hal seperti berikut ini:
1.Akurat
2. Keputusan yang baik
3. Format, gaya dan organisasi yang
responsif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar